Tentang Uang Kelapa Sawit yang Dijual Ratusan Juta

Tentang Uang Kelapa Sawit yang Dijual Ratusan Juta

JAKARTA – Uang Rp1.000 edisi kelapa sawit dijual hingga ratusan juta rupiah. Padahal, uang koin ini masih beredar dan digunakan sebagai alat pembayaran.

Mengutip laman resmi bi.go.id, rabu (17/6/2020), uang koin ini keluar di tahun emisi 1993. Uang ini terbuat dari bahan Cu-Nikel dan Al Bronze berbentuk bulat pipih.

Uang ini pertama kali diterbitkan pada 8 Maret 1993 dengan warna dominan depan dan belakang putih dan kuning.

Uang ini beratnya sekitar 8,6 gram, tebalnya 2,40 mm dan berdiameter 26,00 mm (untuk bagian luar) dan 18,00 mm untuk bagian dalam.

Ciri-cirinya di bagian luar terdapat tulisan \"BANK INDONESIA\". Lalu bagian dalam ada gambar Lambang Negara Garuda Pancasila.

Kemudian untuk bagian luar terdapat teks \"KELAPA SAWIT\" dan \"Rp 1.000\" sedangkan bagian dalam gambar kelapa sawit. Lalu bagian samping bergerigi dan terputus-putus.

BI menyebut uang ini masih laku dan sah dipakai untuk transaksi. Diberitakan sebelumnya, uang koin kelapa sawit Rp1.000 dijual hingga ratusan juta dan menjadi buah bibir. Padahal, nilainya di kalangan kolektor tak melebihi Rp5 ribu.

Baca Juga:

Viral, Uang Rp1.000 Edisi Kelapa Sawit Dijual Ratusan Juta

Salah satu kolektor dan penjual uang kuno asal Gresik Gus Ahmad Legen menilai harga ratusan juta tersebut hanya dibesar-besarkan oleh pihak tertentu.

\"Sebenarnya yang viral sampai harga berjuta-juta itu menurut saya dilebih-lebihan. Kenyataannya tidak demikian, saya punya stok 3.000 keping dan harga jualnya normal Rp 2.500 sampai Rp 4.000 per keping,\" kata dia.

Dia mengungkapkan sejak uang kelapa sawit viral banyak orang yang menghubungi dia untuk menjual uang koin tersebut. Namun uang koin ditawarkan dengan harga yang mahal.

\"Banyak yang telepon saya, \'pak mau beli koin saya nggak, harganya Rp 3 juta\' ya saya bilang ngawur harganya. Dia bilang harganya mahal, ya saya sampaikan ke dia, jual saja ke sana di sini harganya normal,\" jelas dia.

Menurut dia, harga yang terlalu mahal hingga ratusan juta tersebut sangatlah tidak masuk akal. Pasalnya uang koin bergambar kelapa sawit masih banyak di masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: